RPP TEMATIK
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
TEMATIK TERPADU
Sekolah : SD Bina Bakti
Kelas/Semester : V / 2 (dua)
Tema : 9. Lingkungan Sahabat
Kita
Subtema : 1. Manusia dan Lingkungan
Pembelajaran
ke : 11
Alokasi
Waktu : 1 x 30 menit (1 kali
pertemuan)
A. Kompetensi Inti (KI)
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan
guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menannya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
Matematika
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.8 Memahami
arti rata-rata, median dan modus dari sekumpulan data.
|
3.8.1 Mengurutkan sekumpulan data.
|
SBdP
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.2 Mengenal
harmoni musik dan
lagu daerah.
|
3.2.1 Memahami
harmoni musik dan
lagu.
|
C. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah
diskusi, siswa dapat mengurutkan sekumpulan data dari lagu yang telah
dinyanyikan oleh teman-teman sekelas dengan teliti.
2. Setelah
memperhatikan, siswa dapat memahami harmoni musik dan lagu dengan teliti dan
percaya diri.
D. Materi Pembelajaran
1. Rata-rata,
median, dan modus.
2. Harmoni
musi dan lagu.
E. Metode Pembelajaran
Metode
Pembelajaran : Ceramah, Tanya Jawab, dan Diskusi.
F. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan
menanyakan kabar mereka.
2.
Guru mengajak siswa untuk berdoa dan meminta salah
seorang siswa memimpin doa.
3.
Guru melakukan apersepsi “menyanyikan lagu suwe ora
jamu” sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti.
4.
Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat
dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan
yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan
tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
6.
Guru melakukan kegiatan penyegaran “lagu daerah apa
yang kalian ketahui?” untuk membuat siswa bersemangat.
|
5 menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Guru menyiapkan bahan “kertas lagu beserta notnya”
dan alat yang akan diperlukan dalam proses belajar mengajar.
2.
Siswa diminta untuk memperhatikan bahan pembelajaran
berupa teks lagu yang sudah dibagikan.
3.
Guru menampilkan video cara bernyanyi dengan ketukan
yang benar.
4.
Siswa diminta untuk mengikuti.
5.
Siswa diminta untuk memilih salah satu lagu dari 5
lagu yang disedikan untuk dinyanyikan di depan kelas.
6.
Siswa diberi waktu untuk berlatih.
7.
Siswa diminta untuk menyanyikan lagu secara
bergantian di depan kelas.
8.
Setelah semua menyanyi, siswa dibentuk menjadi
beberapa kelompok.
9.
Siswa diminta untuk menuliskan lagu apa saja yang
dinyanyikan oleh teman satu kelasnya tersebut.
10. Siswa
diminta untuk menuliskan jumlah siswa yang menyanyikan lagu yang sama.
11. Setelah
didata, siswa diminta untung mengurutkan angka mulai dari yang terkecil hingga
yang terbesar.
12. Siswa
diminta untuk memperhatikan guru yang sedang menjelaskan tentang data.
13. Guru
menjelaskan secara singkat mengenai rata-rata, median, dan modus.
14. Siswa
diminta untuk mencari modus mengenai data tentang lagu yang dinyanyikan
tersebut.
15. Siswa
diminta untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru secara individu.
|
17 Menit
|
Penutup
|
1.
Guru menanyakan kepada siswa tentang materi yang
belum dipahami.
2.
Guru dan siswa bersama-sama membuat kesimpulan
tentang materi yang sudah dipelajari.
3.
Dengan arahan guru, siswa melakukan refleksi dari
kegiatan yang sudah dilakukan.
4.
Guru mengajak siswa berdoa sebelum mengakhiri
pelajaran dan meminta salah seorang siswa memimpin doa.
|
8 Menit
|
G. Penilaian
1.
Sikap
Teknik :
Observasi
Instrumen : Format Penilaian Sikap (Jurnal)
No.
|
Tanggal
|
Nama
Siswa
|
Catatan
Perilaku
|
Butir
Sikap
|
Tindak
Lanjut
|
1
|
2
April 2018
|
Mentari Bunga
|
Datang Terlambat
|
2
|
|
Deri Sunanda
|
Mudah menyerah
|
7
|
|
||
2
|
5
April 2018
|
Ryan Kemala
|
Mencontek
|
1
|
|
Arista Histia
|
Ragu-ragu
|
7
|
|
||
3
|
9
April 2018
|
Calvin Putera
|
Pasif di kelompok
|
5
|
|
Desnita Friska
|
Takut berpendapat
|
7
|
|
2.
Pengetahuan
Teknik :
Tes Tertulis dan Tes Lisan
Instrumen : Soal Uraian dan Lagu (lirik dan nada)
Muatan
|
Kompetensi
Dasar
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Matematika
|
3.8 Memahami arti
rata-rata, median dan modus dari sekumpulan data.
|
Tes Tertulis
|
Soal uraian.
(terlampir)
|
SBdP
|
3.2 Mengenal
harmoni musik dan
lagu daerah.
|
Tes Lisan
|
Bernyanyi lagu daerah
|
3.
Keterampilan
Teknik :
Produk
Instrumen : Rubrik Penilaian
a.
Matematika
Tugas siswa menghitung rata-rata, mean,
dan median dari sekumpulan data dinilai menggunakan rubrik :
Kriteria
|
Sangat Baik
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Pendampingan (1)
|
Memahami arti
rata-rata, median dan modus dari sekumpulan data.
|
Siswa dapat
mengurutkan data, menghitung dan menentukan rata-rata, median, dan modus.
|
Siswa dapat
mengurutkan data, menghitung dan hanya dapat menentukan rata-rata, median,
atau modus.
|
Siswa hanya dapat
mengurutkan data, dan belum dapat menghitung dan menentukan rata-rata,
median, dan modus.
|
Siswa belum dapat
mengurutkan data, menghitung dan menentukan rata-rata, median, dan modus.
|
b.
SBdP
Tugas siswa menyanyikan lagu daerah yang
telah ditentukan oleh guru dinilai menggunakan rubrik:
Kriteria
|
Sangat Baik
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Pendampingan (1)
|
Mengenal harmoni musik dan
lagu
daerah.
|
Siswa
dapat menyanyikan lagu dengan lirik dan nada yang tepat.
|
Siswa
hanya dapat menyanyikan lagu dengan lirik yang tepat dan nada yang tidak
tepat.
|
Siswa
hanya dapat menyanyikan lagu dengan nada yang tepat dan lirik yang tidak
tepat.
|
Siswa
belum dapat menyanyikan lagu dengan lirik dan nada yang tepat.
|
4.
Remedial
Siswa yang belum dapat mengurutkan data
dan menghitung rata-rata, median, dan modus dapat diberikan tugas untuk
mengulang soal-soal yang ada di LKS dengan dibantu oleh teman-teman yang sudah
paham.
5.
Pengayaan
Apabila memiliki waktu, siswa dapat
mengerjakan soal-soal yang ada di buku LKS.
H. Media/Alat, Bahan, dan Sumber
Belajar
Media/Alat : Video, Teks lagu, Teks Soal,
LCD, Proyektor.
Bahan :
-
Sumber
Belajar : Buku Paket Tematik
Tema 9 Kelas 5 SD
Palembang, 16 April 2018
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas IV
M.
Wiwik Handayani, M.Pd. Avelina Meita L, S.Pd
Lampiran
Tabel 1.
Daftar Deskripsi Indikator
Sikap
dan pengertian
|
Contoh
Indikator
|
Sikap spiritual
|
|
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianut
|
|
Sikap sosial
|
|
1. Jujur
adalah perilaku dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan |
|
2. Disiplin
adalah tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan. |
|
3. Tanggungjawab
adalah sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa |
|
4. Toleransi
adalah sikap dan tindakan yang menghargai keberagaman latar belakang, pandangan, dan keyakinan |
|
5. Gotong royong
adalah bekerja bersama-sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama dengan saling berbagi tugas dan tolong menolong secara ikhlas |
|
6. Santun atau sopan
adalah sikap baik dalam pergaulan baik dalam berbahasa maupun bertingkah laku. Norma kesantunan bersifat relatif, artinya yang dianggap baik/santun pada tempat dan waktu tertentu bisa berbeda pada tempat dan waktu yang lain. |
|
7. Percaya diri
adalah kondisi mental atau psikologis seseorang yang memberi keyakinan kuat untuk berbuat atau bertindak |
|
Komentar
Posting Komentar